NASMOCO –  Saat mudik di hari raya Idul Fitri, Nasmoco lovers akan menemui banyak kontur jalan yang berbeda.

Salah satunya adalah mengemudi di jalan dengan kontur yang tidak rata atau jalan tanjakan dan turunan.

Mengemudi di medan seperti itu memerlukan keterampilan dan teknik khusus agar tetap aman dan memelihara kesehatan komponen mobil.

Jika Nasmoco Lover nantinya sering melintasi jalan-jalan seperti ini, berikut adalah beberapa tips mengemudi aman yang harus diterapkan:

  1. Jangan terlalu mengandalkan rem mobil saat melintasi jalan turunan. Menggunakan gigi tinggi saat menghadapi jalan turunan adalah salah satu kekeliruan yang sering terjadi. Rem akan bekerja terlalu keras dan disc brake bisa overheating. Oleh karena itu, pengemudi disarankan menggunakan gigi rendah atau gigi “L” untuk menghindari terlalu banyak mengandalkan rem saja.
  2. Jangan langsung menyiram cakram rem dengan air setelah mobil melewati jalan tanjakan. Setelah melintasi jalan tanjakan, biasanya rem cakram akan panas, hal ini wajar terjadi. Namun, banyak pengemudi yang langsung menyiram cakram rem dengan air untuk menurunkan suhu. Ini adalah kekeliruan yang fatal, karena rem cakram yang panas apabila disiram air akan sangat menurunkan kekuatan dan konstruksinya. Sebaiknya, diam sejenak ketika sudah mencapai jalan datar atau mengemudi dengan kecepatan rendah. Nantinya, cakram akan dingin sendiri.
  3. Gunakan teknik pengereman yang benar. Pada jalan turunan, pengemudi harus memperhatikan teknik pengereman yang benar. Hindari menekan pedal rem secara terus-menerus atau menahan rem terlalu lama, karena ini dapat menyebabkan rem overheat dan menyebabkan kerusakan pada rem. Sebaliknya, gunakan teknik pengereman interval yang cukup. Teknik ini dilakukan dengan menginjak pedal rem dalam waktu singkat dan kemudian melepaskannya sejenak sebelum menginjak lagi. Dengan teknik ini, panas pada rem dapat tersebar secara merata dan tidak terlalu membebani satu sisi saja.
  4. Perhatikan posisi gigi. Saat mengemudi di jalan tanjakan, pastikan Anda menggunakan gigi yang sesuai. Pilih gigi yang cukup rendah sehingga mesin dapat memberikan tenaga yang cukup untuk menaklukkan tanjakan. Jangan mengandalkan rem untuk menahan mobil di tanjakan karena hal ini dapat merusak rem dan membuat mobil cepat aus.
  5. Perhatikan pengaturan beban mobil. Jika Anda membawa beban yang berat, pastikan beban tersebut didistribusikan dengan baik di dalam mobil. Beban yang tidak seimbang dapat membuat mobil tidak stabil saat melintasi tanjakan dan turunan. Sebaiknya, letakkan beban tersebut di bagian bawah mobil dan rapatkan dengan kuat agar tidak bergerak.

Mengemudi di jalan dengan kontur yang tidak rata dan banyak ditemui jalan tanjakan atau turunan memang memerlukan keterampilan dan teknik khusus.

Namun, dengan menerapkan tips-tips di atas, pengemudi dapat menjaga keselamatan.

Jangan lupa mampir ke rest area Nasmoco untuk mendapatkan pelayanan kendaraan yang lengkap, mudah, nyaman saat mudik mendatang.

Klik toyotanasmoco-semarang.com dan dapatkan layanan kebutuhan Toyota anda dengan MUDAH, LENGKAP, NYAMAN.

Jangan lupa Hubungi Bapak Danny Nasmoco Semarang. untuk mendapat update terkini tentang promo Toyota di Nasmoco.(*)