Halo sobat Nasmoco. Kali ini mimin akan memberitahu fungsi dan cara kerja dari radiator mobil.

Radiator mobil merupakan sebuah komponen sistem yang berfungsi untuk pendingin mesin pada mobil. Kegunaan radiator yaitu untuk menstabilkan suhu pada mesin yang sedang melakukan pembakaran agar mesin tidak overheat.

Salah satu komponen utama yang memiliki peranan sangat krusial yaitu radiator. Nah, radiator mobil bekerja untuk menyerap suhu panas yang dihasilkan dari mesin agar suhu mesin tetap stabil.

Fungsi Radiator Mobil
Pada mesin mobil, suhu panas dapat timbul yang diakibatkan oleh reaksi pembakaran. Saat mobil dalam kondisi menyala, suhu panas pada mesin akan terus timbul. Maka dari itu, Semakin lama kalian berkendara, maka suhu panas yang dihasilkan oleh mesin semakin tinggi.

Untuk mengatasi suhu panas yang terlalu tinggi sehingga dapat menyebabkan overheat, maka mesin mobil membutuhkan sistem pendingin untuk menjaga suhu agar tetap stabil sehingga tidak terjadi overheat.

Fungsi dari radiator pada mobil yaitu untuk memindahkan suhu panas mesin dari mobil ke udara. Radiator mengalirkan air atau yang sering kita sebut coolant melalui saluran yang sudah dipasang pada area mesin mobil.

Cara Kerja Radiator

Air coolant yang memiliki suhu netral pada radiator bekerja sebagai pendingin suhu mobil yang mengalir ke saluran yang ada pada mesin untuk menyerap suhu panas.
Pada saat mengalir, coolant menyerap suhu panas dan membawanya kembali ke radiator. Setelah sampai di radiator, air yang membawa suhu panas tersebut masuk ke upper tank. Di dalam upper tank, terjadilah proses pendinginan air.
Kemudian air tersebut akan dialirkan lagi untuk masuk ke dalam radiator core yang memiliki fungsi untuk membuang suhu panas ke udara luar.
Agar proses pembuangan suhu panas menjadi lebih cepat dan optimal, kipas radiator membantu kerja radiator core mengisap udara agar terjadi aliran di antara sirip udara pada radiator core.
Setelah suhu panas sudah dipindahkan ke udara, air kembali menjadi dingin dan dialirkan lagi untuk kembali menyerap suhu panas pada mesin.

Jika anda ingin bertanya seputar Nasmoco, Hubungi Kami.