Secara penjelasan Zebra Cross adalah salah satu elemen penting dalam infrastruktur jalan yang dirancang untuk memberikan keamanan dan kemudahan kepada pejalan kaki. Pada ulasan kita kali ini akan sedikit membahas mengenai sejarah, fungsi, serta aturan terkait dengan zebra cross.

Sudah taukah Nasmoco friends? Sejarah awal zebra cross pertama kali dibuat pada 1951 di Inggris. Pada Awalnya Zebra cross ini berwarna kuning dan biru dengan bahan yang terbuat dari logam. Marka ini juga dibuat akibat tingkat kecelakaan yang cukup tinggi. Secara fungsi adalah agar pejalan kaki dapat menyebrang jalan dengan aman.

Fungsi Zebra Cross

Fungsi utama zebra cross ialah memberikan prioritas kepada pejalan kaki yang hendak menyeberang jalan. Ketika pejalan kaki sedang berada di zebra cross, pengendara wajib memberi jalan dan berhenti sejenak agar pejalan kaki dapat menyebrangi jalanan dengan aman.
Selain itu tentu zebra cross ini dibuat untuk mengurangi risiko kecelakaan antara kendaraan bermotor dengan pejalan kaki. Dengan memberikan area yang jelas untuk pejalan kaki menyeberang, zebra cross membantu menghindari situasi berbahaya bagi pejalan kaki ataupun pengemudi.
Tanda zebra cross juga memiliki tujuan untuk mengingatkan pengendara bahwa mereka sedang berada di dekat zona penyeberangan pejalan kaki. Ini membantu menciptakan kesadaran yang lebih besar tentang keberadaan pejalan kaki.

Aturan Bagi Pejalan Kaki

Untuk menjaga keselamatan, terdapat beberapa hal juga yang perlu kita ketahui agar penyebrangan jalan berupa zebra cross ini tetap aman ketika digunakan untuk menyebrang. Yang pertama tentu berhenti di tepi jalan, Pejalan kaki harus berhenti di tepi jalan sebelum memasuki zebra cross. Dan menunggu lampu hijau menyala.

Apabila lampu hijau sudah menyala Nasmoco friends bisa langsung menyebrang dengan tetap melihat kondisi sekitar dan jalanan dari kedua arah. Selain itu, perlu diingat juga pejalan kaki harus menyeberang jalan secara langsung dan tidak boleh berputar-balik di tengah jalan.

Aturan Bagi Pengendara

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pengendara ketika melalui jalanan dengan zebra cross adalah pengendara harus memberi prioritas kepada pejalan kaki yang berada di atau mendekati zebra cross. Pengendara wajib berhenti dan memberi jalan tanpa pengecualian.
Selanjutnya pengendara pun harus selalu berhati-hati ketika mendekati zebra cross dan mematuhi tanda-tanda lalu lintas dan marka jalan yang menunjukkan keberadaan zebra cross. Yang terpenting adalah jangan pernah melanggar aturan dan pastikan memperhatikan kondisi sekitar ketika akan melalui zebra cross.

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai zebra cross. Demi menjaga keselamatan ketika berkendara ataupun berjalan kaki, pastikan untuk menaati aturan dan memperhatikan rambu-rambu lalulintas.

Sumber : Tunas Toyota