Overheat merupakan sebuah masalah yang seringkali membuat pemilik mobil panik. Mobil yang mengalami overheat dapat mengakibatkan kerusakan serius pada mesin, dan dalam beberapa kasus, bahkan dapat menyebabkan kebakaran.

Namun, dengan pengetahuan yang benar dan tindakan yang tepat, Nasmoco friends dapat mengatasi masalah overheat dengan efektif dan mencegah kerusakan yang lebih besar. Akalil ini, kita akan membahas beberapa tips penting yang harus Nasmoco friends lakukan apabila mobil mengalami masalah overheat.

Berhenti dan Matikan Mesin
Ketika menyadari bahwa mobil Nasmoco friends mengalami overheat, langkah pertama yang harus diambil adalah berhenti segera dan matikan mesin. Ini akan mencegah suhu mesin semakin meningkat dan merusak komponen-komponen yang lebih penting.
Jangan Membuka Tutup Radiator
Seringkali, orang cenderung membuka tutup radiator saat mobil overheat, berpikir bahwa ini adalah cara untuk mengurangi suhu. Namun, ini adalah kesalahan besar. Radiator dan sistem pendingin mobil adalah tempat berisi air panas dan uap bertekanan tinggi. Membuka tutup radiator pada saat itu dapat mengakibatkan Anda terkena uap panas dan air mendidih yang sangat berbahaya.
Biarkan Mesin Dingin

Setelah Anda mematikan mesin, tunggu beberapa saat hingga mesin benar-benar dingin sebelum mencoba tindakan perbaikan lebih lanjut. Ini memungkinkan suhu mesin untuk menurun dan menghindari resiko cedera akibat kontak dengan komponen panas.

Periksa Level Coolant

Coolant (cairan pendingin) adalah faktor penting dalam menjaga suhu mesin tetap stabil. Cek level coolant di tangki radiator. Jika level coolant rendah, tambahkan coolant yang sesuai dengan spesifikasi pabrik mobil Anda. Pastikan untuk melakukannya setelah mesin benar-benar dingin.
Periksa Hose Radiator

Hose radiator adalah bagian penting dalam sistem pendinginan. Periksa apakah ada kebocoran atau kerusakan pada hose radiator. Jika ada, Anda perlu menggantinya. Hose radiator yang bocor atau rusak dapat mengakibatkan kebocoran coolant dan menyebabkan overheat.

Periksa Kipas Radiator

Kipas radiator membantu mendinginkan mesin dengan menghembuskan udara ke radiator. Periksa apakah kipas radiator berfungsi dengan baik. Jika kipas tidak berputar atau berputar terlalu lambat, itu mungkin adalah penyebab overheat. Anda perlu memeriksanya atau menggantinya sesuai kebutuhan.

Periksa Thermostat
Thermostat adalah komponen yang mengatur aliran coolant ke dalam mesin. Jika thermostat rusak atau macet, ini dapat menyebabkan suhu mesin naik. Periksa apakah thermostat berfungsi dengan baik dan ganti jika diperlukan.

Jangan Tambahkan Air Dingin Secara Cepat

Ketika mesin sedang panas, jangan mencoba menambahkan air dingin ke radiator secara tiba-tiba. Hal ini dapat menyebabkan shock termal dan merusak mesin. Tunggu hingga mesin benar-benar dingin sebelum menambahkan coolant.
Perhatikan Tanda-tanda Kerusakan Lainnya

Selama Anda sedang memeriksa mesin mobil yang overheat, perhatikan juga tanda-tanda kerusakan lainnya. Ini termasuk bau yang tidak biasa, suara aneh, atau tanda-tanda kebocoran. Jika Anda menemukan masalah tambahan, segera lakukan tindakan perbaikan atau hubungi bengkel terdekat.

Panggil Bantuan Profesional
Nasmoco Friend Towing Service
Jika setelah melakukan langkah-langkah di atas, mobil Nasmoco friends masih mengalami overheat, jangan mencoba mengemudikannya lebih jauh. Panggil bantuan profesional atau derek yaitu Nasmoco Friend Towing Service untuk membantu membawa mobil Nasmoco friends ke bengkel resmi Nasmoco Toyota terdekat.
Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan apabila mobil mengalami overheat. Bila mengalami hal di atas, Nasmoco friends bisa langsung mendatangi bengkel resmi Nasmoco toyota agar dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Sumber : Tunas Toyota